Monday, October 23, 2017

Game Pembelajaran SEJARAH - Belajar sambil Bermain (memanfaatkan permainan Viral Ludo untuk pembelajaran Sejarah) - LUDOSEJ

Pembelajaran Tidak selalu Guru menerangkan, tidak selalu monoton dan juga tidak selalu Siswa pasif mendengarkan. Pembelajaran juga bisa melalui media permainan, dalam artikel ini saya akan membagikan tentang media belajar sejarah yang saya gunakan dalam pembelajaran sejarah.
Ludo Game adalah permainan yang sedang viral dan hits saat ini. Dengan menggunakan media handphone permainan ini kembali ngetren. Padahal permainan Ludo sudah ada sejak zaman dulu dimana permainan ini selalu berdampingan dengan permainan ular tangga.
Nah, Media Belajar yang akan saya gunakan ini merupakan permainan Ludo yang sudah saya modifikasi sendiri menggunakan Aplikasi Corel draw atau juga bisa di buat dengan menggunakan Ms. Excel. Awalnya saya ingin membuat permainan ini dengan bentuk online namun karena keterbatasan ilmu tentang bahasa pemprograman untuk membuat game online LUDOSEJ ini Akhirnya dibuatlah melalui Ms. Excel.

Berikut ini Gambar Papan Ludo Sejarah yang telah saya gunakan dalam pembelajaran Sejarah dengan Materi Kerajaan Besar Islam Maritim di Indonesia:

ALAT PERMAINAN :
- PAPAN LUDO
- PRAJURIT/PION (siswa saya menggunakan tutup pulpen dalam permainan ini)
- DADU (DOWNLOAD di play store)

CARA MAIN dan ATURAN MAIN:
- CARA MAIN adalah sama seperti bermain ludo dimana setiap pion atau saya menamakannya adalah prajurit dari masing-masing kerajaan (siapkan 3-4 prajurit sesuai perjanjian dari masing-masing kelompok/guru) harus memutari kerajaan lain untuk menuju ketempat tujuan.

- Lalu ATURAN MAIN di dalam setiap kerajaan ada daerah kekuasaan yang luas wilayahnya terdiri dari 12 kotak dan dalam setap kerajaan terdapat Lambang kotak oranye dan kotak didalamnya terdapat symbol ? (yang artinya setiap prajurit dari kerajaan lain singgah maka harus dimintai upeti (ditanyai oleh pemilik kerajaan, tentunya pertanyaannya tentang sejarah). Jika tidak bisa menjawab maka prajurit harus pulang kembali ke kerajaannya lagi(mulai dari awal lagi) dan apabila bisa menjawab maka prajurit akan lanjut bermain.

SELAMA PROSES PEMBELAJARAN SAYA:
- Guru membagi kelompok (4 orang setiap kelompok)
- Guru menyuruh setiap kelompok ada satu dadu
- Guru menjelaskan CARA MAIN dan ATURAN MAIN
NB : Kelas akan menjadi sangat bising (seperti berada di tengah tengah supporter timnas)

Di anjurkan untuk memberi waktu kapan permainan berlangsung (20-30 menit yang saya lakukan) bisa dirubah sesuai situasi.
Setelah permainan selesai. Orang yang kalah dalam Masing – masing kelompok mendapatkan hukuman yang kreatif  dan tidak bersifat fisik

No comments:

Post a Comment

Night Mode