Thursday, September 14, 2017

Sejarah desa Kaligangsa Gawe

Kaligangsa merupakan kelurahan yang terletak di pinggiran jalan pantura tepatnya di perbatasan tegal-brebes. Kaligangsa berasal dari kata KALI yang artinya adalah SUNGAI dan  GONG artinya GAMELAN.
Dahulu nama daerah ini sebenarnya adalah Krandon yang memiliki arti Ndon-ndonane barange sunan Kalijaga. Nah, pada zaman dahulu terdapat gong yang ditemukan oleh titisan sunan kalijaga. Pada tahun 1965 ditemukan barang pendermaan berupa gong bersusun seperti tumpukan piring dan ukuran senamapan sampai dengan seukuran dodol terbuat dari bahan perunggu (emas, perak, tembaga). Dirampas oleh partai (pada peristiwa G30S) pada masa itu keadaan politik zaman dulu masih belum stabil. Gong tersebut sebagian dilebur dan sebagian lagi disimpan di museum nasional (MUNAS).
Nah itu merupakan asal- usul dari nama kaligangsa sedangkan nama asal – usul dari gawenya ceriatanya seperti ini
Konon katanya dulu terdapat candi yang dinamakan candi gawe. Candi ini konon merupakan peninggalan dari kraton gaib yang terdapat pada desa ini dan setiap bulan suro diadakan juga sedekah bumi serta pementasan wayang golek untuk menghormati kraton gaib tersebut
Nah seperti itulah cerita tentang asal usul desa Kaligangsa Gawe mungkin sedikit tidak masuk akal namun dalam sejarah lokal sumber sejarahnya belum bisa ditemukan secara pasti maka dari itu lebih banyak menceritakan tentang mItos dan cerita yang berlaku di dalam desa atau tempat tersebut.
Sumber :          Lutfimahmud34.blogspot.com
                        Explorebrebes.blogspot.com
Penyunting :
-       Lusiana Dewi
-       halsa Monica
-       Syifana Cahya
-       M. Nur Rahmat
-       Bunga Cahyani

No comments:

Post a Comment

Night Mode