Pembelajaran Tidak selalu Guru menerangkan, tidak
selalu monoton dan juga tidak selalu Siswa pasif mendengarkan. Pembelajaran juga
bisa melalui media permainan, dalam artikel ini saya akan membagikan tentang
media belajar sejarah yang saya gunakan dalam pembelajaran sejarah.
Ludo Game adalah permainan yang sedang viral dan
hits saat ini. Dengan menggunakan media handphone permainan ini kembali
ngetren. Padahal permainan Ludo sudah ada sejak zaman dulu dimana permainan ini
selalu berdampingan dengan permainan ular tangga.
Nah, Media Belajar yang akan saya gunakan ini
merupakan permainan Ludo yang sudah saya modifikasi sendiri menggunakan Aplikasi
Corel draw atau juga bisa di buat dengan menggunakan Ms. Excel. Awalnya saya ingin membuat permainan ini dengan bentuk online namun karena keterbatasan ilmu tentang bahasa pemprograman untuk membuat game online LUDOSEJ ini Akhirnya dibuatlah melalui Ms. Excel.
Berikut ini Gambar Papan Ludo Sejarah yang telah saya gunakan dalam pembelajaran Sejarah dengan Materi Kerajaan Besar Islam Maritim di Indonesia:
ALAT PERMAINAN :
- PAPAN LUDO
- PRAJURIT/PION (siswa saya menggunakan tutup pulpen
dalam permainan ini)
- DADU (DOWNLOAD di play store)
CARA MAIN dan ATURAN MAIN:
- CARA MAIN adalah sama seperti bermain ludo dimana
setiap pion atau saya menamakannya adalah prajurit dari masing-masing kerajaan
(siapkan 3-4 prajurit sesuai perjanjian dari masing-masing kelompok/guru) harus
memutari kerajaan lain untuk menuju ketempat tujuan.
- Lalu ATURAN MAIN di dalam setiap kerajaan ada daerah
kekuasaan yang luas wilayahnya terdiri dari 12 kotak dan dalam setap kerajaan
terdapat Lambang kotak oranye dan kotak didalamnya terdapat symbol ? (yang
artinya setiap prajurit dari kerajaan lain singgah maka harus dimintai upeti
(ditanyai oleh pemilik kerajaan, tentunya pertanyaannya tentang sejarah). Jika tidak
bisa menjawab maka prajurit harus pulang kembali ke kerajaannya lagi(mulai dari
awal lagi) dan apabila bisa menjawab maka prajurit akan lanjut bermain.
SELAMA PROSES PEMBELAJARAN SAYA:
- Guru membagi kelompok (4 orang setiap kelompok)
- Guru menyuruh setiap kelompok ada satu dadu
- Guru menjelaskan CARA MAIN dan ATURAN MAIN
NB : Kelas akan menjadi sangat bising (seperti
berada di tengah tengah supporter timnas)
Di anjurkan untuk memberi waktu kapan permainan
berlangsung (20-30 menit yang saya lakukan) bisa dirubah sesuai situasi.
Setelah permainan selesai. Orang yang kalah dalam Masing
– masing kelompok mendapatkan hukuman yang kreatif dan tidak bersifat fisik
No comments:
Post a Comment